Ini Jumlah Budget yang Diserahkan Kemenpora buat Piala Dunia U-20?

Posted on

Jakarta – Kemenpora disebutkan ajukan budget Piala Dunia U-20 2021 sejumlah Rp 500 miliar. Angka itu baru hanya saran serta perlu digodok oleh Tubuh Budget DPR RI.
Hal tersebut diutarakan anggota Komisi X DPR RI A.S Sukawijaya atau bisa lebih diketahui Yoyok Sukawi. Ia menjelaskan, angka itu ditampilkan Kemenpora di pertemuan kerja bersama-sama Komisi X RI empat hari kemarin.

“Jadi Kemenpora ajukan budget ke DPR itu ada Rp 2 triliun demikian, yang didalamnya ada Rp 400 miliar untuk penerapan Piala Dunia U-20 2021, Rp 100 miliar untuk tim nasional U-19 (cikal akan U-20), serta Rp 100 untuk kenaikan prestasi olahraga nasional. Tetapi spesial untuk Piala Dunia Rp 400 miliar serta Rp 100 miliar itu,” kata Yoyok pada detikSport, Minggu (5/7/2020).

Yoyok menerangkan, angka itu bukan keinginan atau untuk PSSI. Tapi saran Kemenpora untuk budget 2021 yang didalamnya ada untuk persiapan hajatan single moment paling besar di dunia level muda, dimana, Indonesia jadi tuan tempat tinggalnya.

PSSI itu belum ajukan sebab memang kami tidak meminta serta kami tidak ajukan karena itu

Angka Rp 400 miliar itu untuk panitia pelaksana Piala Dunia, seperti beberapa tahun kemarin ada INASGOC untuk Asian Games 2018. Nah, ini untuk INAFOC (Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee). Panitianya kan pemerintah, telah dibuat Presiden RI,” ia menerangkan.

“Termasuk juga untuk timnas, PSSI pun tidak minta. Kemungkinan Pak Gatot (Dewa Broto) berasumsi PSSI sama dengan KONI, seperti cabang olahraga lain. Tetapi dari dahulu, dari jaman siapa, PSSI tidak sempat meminta APBN. Tempo hari Asian Games, kami tidak mengambil pertolongan pemerintah. Kami telah mandiri ada FIFA, sponsor, karena itu walaupun ada budget yang diserahkan pemerintah tim nasional itu anggarannya berada di Kemenpora, bukan PSSI.”

“Di saat rapat dengan Komisi X, Menpora sampaikan sebetulnya tidak ada keharusan pemerintah untuk membayar. Tetapi pemerintah lihat moment ini untuk nama baik bangsa, kami tidak ingin PSSI persiapannya sembarangan. Karena itu pemerintah dukungan, disediakan anggarannya, serta pembiayaannya untuk apa. Sama dengan Asian Games. Itu duitnya di Kemenpora semua. Jadi PSSI tidak mengurus 1 rupiah juga,” katanya.

Yoyok, yang Komite Eksekutif PSSI, menjelaskan jika sesudah Menpora menjelaskan saran budget Piala Dunia U-20 2021 ke Komisi X sekarang faksinya akan lakukan bahasan selanjutnya. Kemudian, Tubuh Budget DPR akan memutuskan apa disepakati atau mungkin tidak.

“Komisi X karakternya cuma sampaikan jika ini masuk rasio prioritas nasional agar dapat disepakati. Jadi, peluang Agustus telah ditetapkan,” katanya.

“Tetapi kesempatan untuk disepakati spesial untuk Piala Dunia besar. Komisi X sich sejumlah besar pada prinsipnya tidak ada permasalahan hanya masih meminta agar budget itu sesuai dengan kekuatan budget pemerintah.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *